Wednesday 18 February 2015

Kampung Inggris Pare Kediri, Jawa Timur



"Awal  Mula Berdirinya Kampung Inggris di Pare Kediri, jawa Timur"

assalamualaikum Wr.Wb.. kali ini Admin mau bagi-bagi informasi tentang kampung inggris.
apa si kampung inggris itu,,.? langsung kita baca saja yuk artikel di bawah ini...


Pare, adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Terletak 25 km sebelah timur laut Kota Kediri, atau 120 km barat daya Kota Surabaya. Pare berada pada jalur Kediri-Malang dan jalur Jombang-Kediri serta Jombang - Blitar. Sudah lama ada wacana Pare dikembangkan menjadi ibu kota Kabupaten Kediri, yang secara berangsur-angsur dipindahkan dari Kota Kediri. Namun niat ini tidak pernah serius dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten atau para Bupati yang menjabat.

Kota Pare yang berada pada ketinggian 125 meter di atas permukaan laut ini mempunyai udara yang tidak terlalu panas. Berbagai jenis jajanan dan makanan enak dan higinis dengan harga "kampung" dapat dijumpai dengan mudah di kota kecil ini. Berbagai infrastruktur dan fasilitas kehidupan kota juga dengan mudah dapat dijumpai: hotel, rumah sakit (yang besar HVA dan RSUD rumah bersalin yang lengkap pun juga ada), ATM bersama, warnet 24 jam ber-AC, dsb.

Pare memiliki tanah yang subur bekas letusan gunung Kelud dan tidak pernah mengalami kekeringan. Produk agraria andalan dari Pare adalah bawang merah, biji mente dan blinjo. Sedangkan oleh-oleh khas dari Pare antara lain adalah tahu kuning dan gethuk pisang. Di Pare sudah lama bermunculan industri menengah bertaraf internasional, seperti industri plywood dan pengembangan bibit-bibit pertanian. Tempat-tempat rekreasi pun telah ada semenjak tahun 1970-an meskipun sederhana, seperti Pemandian "Canda-Bhirawa" Corah dan alun-alun "Ringin Budo".


Pare terutama Desa Tulungrejo juga dikenal mempunyai potensi pengembangan kursus Bahasa Inggris. Saat ini lebih banyak bermunculan berbagai jenis bimbingan belajar terutama kursus-kursus Bahasa Inggris. Lebih dari 20 buah lembaga bimbingan belajar menawarkan kursus Bahasa Inggris dengan program program D2, D1 atau short course untuk mengisi waktu liburan. Dalam hal ini, kota Pare sebagai pusat belajar Bahasa Inggris yang murah, efisien dan efektif sudah terkenal hingga keluar Pulau Jawa. Sebagai efek ikutannya, di daerah Tulungrejo sekarang muncul berbagai jenis tempat penginapan dan kost yang menampung para pelajar dan maupun pekerja. Tarif kos per orang bervariasi dari 50 ribu hingga 200 rb per bulan.

Awal mula dari ceritanya sebuah perkampungan kecil di Pare Kediri ini bisa menjadi sebuah pusat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di seluruh Indonesia ini berawal mula dari didirikannya sebuah lembaga kursus bahasa inggris yang bernama BEC (Basic English Course) oleh seorang pendatang penduduk desa singgahan pare kediri yang bernama Pak Kalend Osen (Mr Kalend). Walaupun namanya seperti nama orang bule inggris namun dia adalah orang Indonesia asli.

Sejak saat itu, pada 15 Juni 1977 di desa setempat, Kalend mendirikan lembaga kursus dengan nama Basic English Course (BEC) dengan enam siswa pada kelas perdana. Para siswa tersebut terus dibina dan dididik tidak hanya kemampuan bahasa inggris, namun juga ilmu agama serta kecakapan akhlak.

Pada saat awal berdirinya BEC fasilitas yang sudah dimiliki masih amat sangat terbatas, karena tempat belajar hanya berlokasi di teras sebuah masjid di desa singgahan yang diperuntukkan bagi anak-anak didesa singgahan dan tulungrejo pare yang kurang menguasai dalam berbahasa inggris. Kemudian di rumah-rumah yang membolehkannya mengajar, hingga akhirnya sampai memiliki sebuah gedung sendiri untuk mengajar. begitulah perjuangan panjang Pak Kalend yang tetap konsisten dan pantang menyerah sehingga menjadikan BEC begitu terkenal dan lulusannya telah diakui kualitas bahasa inggrisnya. Hal itulah yang telah mengundang banyak pendatang ke kampung inggris desa pare kediri dari seluruh nusantara untuk belajar bahasa Inggris di kampung inggris. Bahkan sampai-sampai tidak ada tempat lagi untuk menampung para calon siswa baru BEC tersebut.

Kemudian dari sinilah mulai berkembang pesat beberapa lembaga kursus bahasa inggris baru untuk memenuhi permintaan siswa baru yang semakin meningkat setiap tahunnya. Banyak lulusan dari BEC yang tetap mengajar disana dan beberapa yang lain banyak juga yang mendirikan lembaga kursus bahasa inggris sendiri. Lembaga kursus bahasa inggris yang didirikan disanapun semakin bervariasi mulai dari segi waktu belajar, spesialisasi program belajar, metode belajar serta biaya yang harus dikeluarkan.

Namun tidak semua lulusan dari BEC memilih untuk mengajar atau mendirikan kursusan bahasa inggris sendiri. Mereka ada juga yang membuka warung makanan, berjualan bakso, berdagang soto, membuka toko alat tulis dan tempat fotokopi dan lain sebagainya. Dan mereka semua bisa fasih berbahasa Inggris. Mungkin itulah asal cerita atau awal mula istilah bahwa "di kampung inggris pare bahkan tukang bakso sampai tukang soto pun bisa berbahasa Inggris".


Alamat: Jl.Kemuning Tulungrejo Pare – Kediri – Jawa Timur,
Didirikan pada tanggal 6 januari 2002, Elfast menjadi salah satu lembaga kursusan yang cukup tua di daerah Pare-Kediri dari yang sebelumnya BEC yang lebih dahulu berdiri. Merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dari tingkat dasar, intermediate sampai advance. Disini Elfast  menunjukkan peranannya sebagai lembaga yang qualified dan cukup layak untuk membentuk, memperdalam, dan mengimprove bahasa english dengan rentang waktu yang relatif cepat—short time.

Elfast yang lebih berkonsentrasi dan concern dengan permasalahan tatabahasa, english grammar, toefl, ielts, writing dll,. tidak hanya menawarkan sebuah sistem pembelajaran yang cepat dan tepat tetapi juga pada tingkat intermediate dan advance memberikan sebuah wacana terhadap kesenjangan antara bahasa Inggris dan bahasa indonesia—mother language — di dalam mengadaptasikan bahasa target (Inggris) dengan bahasa sumber (Indonesia), pada point inilah dibutuhkan sebuah perubahan mindset pelajar agar secara proporsional bisa membedakan karakter antara bahasa sumber dengan bahasa target tersebut.

Sistem ujian yang diterapkan dengan perfect-answer approach, yaitu bisa disebut lulus ketika tidak ada salah atau mendekati betul semua dalam mengerjakan soal ujian, merupakan suatu metode pendukung untuk membentuk karakter dan memperkuat analisa bahasa. Hal itu dimaksudkan karena Elfast tidak menggunakan placement test ketika mengambil (join) suatu program kursus. Oleh karenanya, dengan background pendidikan dan keahlian bahasa yang berbeda-beda diharapkan outputnya sesuai dengan target lembaga. Hingga kini perkembangan lembaga kursus di pare menjadi banyak mencapai angka ratusan.

Demikianlah artikel singk dari Admin, Admin ucapkan banyak terimakasih karena sudah membaca artikel Admin...




see you.....