Monday 16 March 2015

Mengapa Perlu Mengatur Waktu (Time Management)


Mengapa perlu mengatur waktu ?

             Apa yang dimaksud dengan mengatur waktu (manajemen waktu ) ?? ... Manajemen waktu adalah suatu keterampilan mengatur waktu agar berhasil mencapai cita-cita atau tujuan hidup positif yang dikehendaki. Jika tujuan hidup positif telah tercapai berarti Anda telah menjadi orang yang sukses. Sebab orang yang sukses adalah orang yang berhasil mencapai tujuan hidup positif yang dikehendakinya.

            Di sekitar kita, ada empat macam orang. Orang yang tidak tau tujuan hidupnya, orang yang tahu tujuan hidupnya tetapi tidak tahu bagaumana cara mencapainya, orang yang tahu tujuan hidupnya dan tahu bagaimana cara mencapainya, serta orang yang tahu tujuan hidup yang benar dan tahu bagaiamana cara mencapainya. Termasuk manakah Anda ???
            Di kelompok manapun, Anda jelas membutuhkan keterampilan mengatur waktu (Time Management). Bahkan jika direnungkan, keterampilam mengatur waktu lebih utama untuk dipelajari dari pada ketrampilan atau kahlian yang bersifat sektoral, seperti keterampilan di bidang komputer, arsitektur, kedokteran, ekonomi, dan lain sebagainya. Sebab jika ketrampilan sektoral hanya mengelola satu aspek dari kehidupan manusia yang kompleks, keterampilan manajemen waktu justru mengelola seluruh aspek kehidupan manusia agar tercapai keseimbangan dan keselarasan. 
           Namun sayangnya, keterampilan mengatur waktu kerap dianggap sepele. Barangkali karena anggapan bahwa keterampilan mengatur waktu akan bisa dengan sendirinya malalui pengalaman hidup, sehingga tak perlu dipelajari. Atau anggapan bahwa mengatur waktu dapat berarti mengubah kebiasaan yang sudah bertahun-tahun dilakukan, sehingga sulit untuk dilaksanakan. Atau mungkin juga ada anggapan hidup setiap manusia sudah merupakan takdir yang tak dapat diubah, sehingga tak perlu susah payah mengaturnya.
            Semua anggapan tersebut tentu saja keliru karena seperti keterampilan lain yang dapat dipelajari, keterampilan manajemen waktu juga dapat dipelajari dan dilakukan. Jadi masalahnya terletak pada kemauan. Maukah Anda menata hidup yang lebih baik lagi ?? maukah Anda mencapai cita-cita yang Anda inginkan, maukah Anda hidup seimbang dan selaras, sehingga memperoleh ketenangan dan kepuasan batin ? maukah Anda bangkit lagi setelah gagal ? jika jawabanya iya... mari kita mulai untuk mengatur waktu sebaik mungkin jangan sepelekan waktu, karena waktu itu berharga, dengan mengatur waktu bisa mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik.... mulailah dari sekarang... jangan menunda-nunda waktu....


Sekian artikel dari Saya.. tunggu artikel selanjutnya..... see you ... Salam Semar :)